Indra Sjafri Sukses Bawa Timnas Garuda Akhiri Penantian Emas 32 Tahun di SEA Games 2023

skorsepakbola

Skorsepakbola – Akhiri penantian medali emas sepanjang 32 tahun, Indra Sjafri sukses jadi pelatih ke-3 yang membawa Tim nasional Indonesia juara SEA Game. Ya, pada akhirnya penantian panjang pecinta sepakbola Tanah Air juga usai karena Tim nasional Indonesia U-22 sukses memenangkan sepakbola SEA Game 2023.

Kejelasan medali emas itu dicapai pasukan Indra Sjafri selesai menang 5-2 atas Thailand di final yang berjalan di Olympic Fase, Phnom Penh, Kamboja pada Selasa (16/5/2023) malam WIB. 2 gol kemenangan Garuda Muda disembahkan oleh brace dari Ramadhan Sananta di menit 21, 45+3, lalu Irfan Jauhari menit 91, dan Fajar Fathur pada menit 107.

 

Kemenangannya pada Thailand U-22 itu terang sangat bermakna untuk Indonesia. Karenanya ialah medali emas cabang olahraga sepakbola SEA Game pertama Indonesia semenjak akhir kali dicapai pada 1991.

 

Maka perlu waktu 32 tahun untuk Tim nasional Indonesia agar dapat bawa pulang kembali medali emas ke Tanah Air. Walau sebenarnya semenjak 1991, sebelumnya sempat 3x tampil di final.

 

Peristiwa itu terjadi di final SEA Game 2011, 2013, dan 2019. Sayang dalam tiga edisi itu tim Garuda Muda sering kalah dan harus senang jadi runner-up.

 

Sekarang Tim nasional Indonesia U-22 yang diserahkan ke Indra Sjafri pada akhirnya dapat akhiri trend jelek tim Garuda di sepakbola SEA Game. Indra juga jadi pelatih ke-3 yang sukses bawa Tim nasional Indonesia raih medali emas SEA Game.

 

Pelatih pertama kali yang berhasil bawa Tim nasional Indonesia raih medali emas di gelaran SEA Game ialah Bertje Matulapelwa. Bartje latih Tim nasional Indonesia semenjak 1985. Pada waktu itu, dia sanggup pimpin Tim nasional Indonesia secara baik sampai membuat Garuda Muda capai semi-final Asian Game 1986.

 

Pucuknya ialah saat Bartje pimpin Tim nasional Indonesia di SEA Game 1987 di Filipina. Pada waktu itu, Tim nasional Indonesia yang diperkokoh Ricky Yakob sanggup merampas medali emas pertama SEA Game untuk Indonesia.

 

Lalu pelatih ke-2 yang menyembuhkan medali emas ke-2 untuk Tim nasional Indonesia ialah Anatoli Polosin. Sesudah tidak diatasi Bertje, Tim nasional Indonesia mampu merampas medali emas SEA Game edisi 1991. Hal tersebut tidak lepas dari kedahsyatan Polosin dalam mengolah tim Garuda.

 

Sekarang, Indra Sjafri sukses menyamakan keberhasilan Bertje Matulapelwa dan Anatoli Polosin. Tentu saja Indra terus akan diingat sebagai pelatih sukses yang sukses bawa Tim nasional Indonesia U-22 raih medali emas SEA Game 2023.

 

Medali Emas SEA Games 2023 Timnas Garuda Untuk Obati Gagalnya Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 20223

Pelatih Team Nasional (Tim nasional) Indonesia U-22, Indra Sjafri suka bukan bermain selesai pasukannya menang 5-2 atas Thailand di final sepakbola SEA Game 2023, Selasa 16 Mei 2023. Dia juga mengharap medali emas yang dicapai Marselino Ferdinan dan teman-teman bisa menyembuhkan cedera dari tidak berhasilnya Indonesia menjadi tuan-rumah Piala Dunia U-20 2023.

 

Ya, Tim nasional Indonesia U-22 barusan pastikan diri raih medali emas ke-3 mereka di cabang olahraga (cabang olahraga) sepakbola SEA Game. Medali emas ke-3 itu juga dicapai sesudah menunggu sepanjang 32 tahun alias akhir kali pada edisi SEA Game 1991. Skor sepak bola

 

Pasti pecinta sepakbola Tanah Air benar-benar suka dengan kesuksesan beberapa punggawa Garuda Muda itu. Termasuk Indra Sjafri yang berhasil sukses jadi pelatih ke-3 yang sanggup bawa Tim nasional Indonesia raih medali emas di gelaran SEA Game itu.

 

Sesudah raih medali emas, Indra Sjafri juga menyembuhkan titel juara itu untuk beberapa pencinta sepakbola Tanah Air yang sedih Indonesia tidak berhasil jadi tuan-rumah Piala Dunia U-20 2023.

 

“Ini laga yang cukup mencekam. Saya berpikir memenangi pertandingan dengan score 5-2 ialah hebat. Ini saya mengharap kemenangan ini jadi penyembuh duka yang kita tidak menjadi tuan-rumah Piala Dunia U-20,” kata Indra Sjafri selesai laga, mencuplik dari ANTARA, Rabu (17/5/2023).

 

Pada final menantang Thailand di Olympic Fase, Phnom Penh itu, Marselino Ferdinan dan teman-teman sukses membekap team yang berjulukan Gajah Perang itu dengan score 5-2 sesudah lewat waktu perpanjangan.

 

Dalam pertandingan itu beberapa pemain Tim nasional Indonesia U-22 memberikan kualitas dan psikis yang hebat. Indra Sjafri juga mengharap permainan Tim nasional Indonesia U-22 saat di SEA Game 2023 Kamboja itu dapat menjadi momen untuk kebangunan sepakbola Tanah Air.

 

“Tetapi lebih penting itu, bagaimana kemenangan emas ini menjadi momen untuk kebangunan sepak bola Indonesia di depan,” tambah Indra Sjafri.

 

Perjuangan Tim nasional Indonesia untuk akhiri puasa gelar termasuk hebat. Bertapa tidak kemenangan 2-1 yang telah di muka mata harus pupus sesudah pemain Thailand, Yotsakon sanggup menyamai posisi jadi 2-2 hingga ekstensi harus dilaksanakan.

 

Sebelumnya sempat terjadi kejadian di antara pemain dan official ke-2 team serta manager Tim nasional Indonesia U-22 Indonesia, Kombes Pol. Sumardji alami cedera di bibir. Keadaan itu memang membuat keadaan menghangat sampai aparatur turun.

 

Walau begitu, pertandingan masih tetap bersambung dan Tim nasional Indonesia U-22 dapat mengamankan kemenangan 5-2 atas Thailand.

Kunjungi juga link berikut: https://184.174.34.3/

Exit mobile version