Jokowi Hampiri Skuad Garuda Walaupun Timnas Indonesia Kalah 0-2 Dari Argentina

jokowi

Skorsepakbola – Tim nasional Indonesia harus mengakui keunggulan Argentina sesudah kalah dengan score 0-2. Setelah pertandingan, Presiden Jokowi yang ikut melihat secara langsung pertandingan itu turun langsung ke tepi lapangan untuk hampiri Tim Garuda -julukan Tim nasional Indonesia.

 

Seperti dijumpai, pertandingan Tim nasional Indonesia versus Argentina barusan usai. Tanding itu terhidang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Senin (19/6/2023) malam WIB.

 

Tim nasional Indonesia kalah 0-2 dari Argentina lewat gol Leandro Paredes (38′) dan Cristian Romero (56′). Walau kalah, perjuangan Tim Garuda pantas dapat acungan jempol.

 

Dalam pertandingan itu, Presiden Jokowi kelihatan ikut datang melihat. Tidak cuma melihat, Presiden Jokowi meluangkan dianya untuk turun ke tepi lapangan sesudah laga usai.

 

Presiden Jokowi datang di SUGBK dengan kenakan pakaian warna putih dan celana hitam. Ia melihat secara langsung pertandingan itu didampingi si istri, Iriana Joko Widodo dan Ketua umum PSS, Erick Thohir.

 

Sepanjang laga, kelihatan Presiden Jokowi cukup gesture dalam beberapa peristiwa seperti saat Tim nasional Indonesia tidak berhasil mengoptimalkan kesempatan, dianya terlihat memperlihatkan reaksi sedih. Sesudah usainya laga, Presiden Jokowi bersama pejabat Indonesia yang lain seperti Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo turun ke tepi lapangan.

 

Mereka hampiri pemain Tim nasional Indonesia untuk memberi animo dan secara langsung berpose bersama-sama. Kelihatan beberapa photografer segera segera mendokumentasikan peristiwa Presiden Jokowi bersama Tim nasional Indonesia.

 

Ini bukanlah pertama kali Presiden Jokowi datang pada sebuah laga Tim nasional Indonesia dan gelaran olahraga yang lain. Pada Minggu, 18 Juni 2023 tempo hari, ia datang di final Indonesia Open 2023 yang berjalan di Istana olahraga Senayan, Jakarta untuk melihat pertandingan di antara Anthony Ginting versus Viktor Axelsen (Denmark).

 

Meskipun Garuda Kalah Dari Argentina, Ketum PSSI Tetap Beri Apresiasi Timnas Indonesia

 

KETUA Umum PSSI, Erick Thohir berikan animo tinggi walau Tim nasional Indonesia kalah 0-2 dari Argentina di FIFA Matchday Juni 2023. Menurut dia, hal tersebut telah memperlihatkan nyali besar Tim Garuda di depan juara Piala Dunia 2022.

 

“Performa beberapa pemain kita betul-betul mengganti semua sikap pesimis saat sebelum tanding. Bahkan juga semua sebelumnya sempat mengharap seri. Hasil akhir memang kalah, apa lagi kita musuh team nomor satu dunia,” sebut Erick Thohir selesai pertandingan.

“Tetapi dengan score yang serupa saat mereka menaklukkan Australia, lalu pertahanan kita yang hebat, dan 2x hampir membuat gol, saya betul-betul respek,” timpalnya.

 

Tim nasional Indonesia kecurian 2 gol melalui Leandro Paredes (38′) dan Cristian Romero (55′). Walau begitu, Tim nasional Indonesia bukan tanpa kesempatan.

 

Di penghujung set pertama, Ivar Jenner sebelumnya sempat membuat Emiliano Martinez usaha keras. Selanjutnya di menit ke-53 lewat lemparan jauh Pratama Arhan yang di sundul Elkan Baggott juga membuat penjaga gawang Aston Villa itu harus jatuh bangun.

 

Karena begitu, menurut Erick Thohir, Tim nasional Indonesia tidak kalah psikis dari Argentina. Lebih jauh, Erick Thohir mengharap di pertandingan internasional yang lain, Tim nasional Indonesia dapat bermain lebih mengganas kembali.

 

“Dari 2 gelaran FIFA Match Day di pengurusan ini, saya nilai sudah capai apakah yang pengurus PSSI harap. Mereka memperoleh penekanan dan di set pertama sebelumnya sempat gugup, tetapi mereka sanggup menangani di set ke-2 ,” pungkas Erick Thohir.

 

“Tersebut arah dari eksperimen menantang Argentina. Hal tersebut jadi pengalaman bernilai, apa lagi bukan Oktober ada kualifikasi Piala Dunia 2026. Ini jadi dasar bagus dan berikan keyakinan ke supporter jika sepakbola kita bisa bangkit dari tidur,” bebernya.

 

Tidak cuma Erick Thohir, beberapa figur nasional juga ikut datang memberikan dukungan Tim nasional Indonesia. Bahkan juga, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana melihat perjuangan Tim Garuda sampai akhir pertandingan.

 

Ketum PSSI Berharap Mental Timnas Garuda Semakin Kuat Usai Hadapi Argentina

Ketua Umum (Ketua umum) PSSI, Erick Thohir, suka Team Nasional (Tim nasional) Indonesia bisa memberikan perlawanan walau kalah 0-2 dari Argentina di pertandingan FIFA Matchday Juni 2023, Senin 19 Juni 2023 malam WIB. Dia juga mengharap pertandingan itu dapat tingkatkan psikis beberapa pemain yang hendak hadapi beragam persaingan penting, seperti Kualifikasi Piala Dunia 2024 Zone Asia dan Piala asia 2023.

 

Laga menantang juara dunia Piala Dunia 3x itu sejak awal kali memang ditujukan sebagai sisi untuk menyiapkan psikis timnas sepakbola Indonesia dalam hadapi beberapa laga penting nantinya.

 

“Ini sisi dari kita test nyali, test psikis untuk agar timnas kita siap karena tahun ini kan ada laga kualifikasi Piala Dunia 2026. Meskipun sasaran kita 2038, tetapi kan siapa yang tahu, kita coba yang terbaik,” kata Erick Thohir, dikutip Selasa (20/6/2023).

Baca juga:


Menurut Erick. karena ada laga menantang Argentina diharap dapat tingkatkan rasa nasionalisme warga. Dia memandang
nasionalisme dapat dibuat karena ada kesatuan dalam memberikan dukungan Merah Putih.

 

“Ini bisa dibuktikan, (supporter) ada dari Madura, ada dari Singkawang, ada dari Sumatra, Solo, Jawa, kita berpadu, tidak menyaksikan suku, agama, yang terdapat hanya Merah Putih. Nach itu nasionalisme cuma dapat dibuat karena Merah Putih,” ikat Erick.

 

Erick mengucapkan syukur dengan tingginya ketertarikan warga atas laga sepak bola ini. Dia juga mengharap industri olahraga Indonesia dapat bangun, dibarengi perolehan prestasi yang semakin membaik.

 

“Saya pikir ketertarikan hebat dan berikut yang kita harap jika industri olahraga kita bangun, tapi prestasi kita harus juga makin membaik,” sambungnya.

 

Walau begitu, untuk Erick Thohir hal yang paling paling penting dari pertandingan menantang Argentina dengan ada laga itu, dunia diharap menyaksikan sepakbola Indonesia bangkit dari tidur.

 

“Nomor satu, bagaimana dunia menyaksikan sepakbola kita bangkit dari tidur dan ini menunjukkan dengan team juara dunia ingin datang ke Indonesia,” tutup Erick Thohir.

Kunjungi juga link berikut: https://184.174.34.3

Exit mobile version