Indonesia Menang Tipis Atas Kamboja di Ajang Piala AFF 2022

skorsepakbola

skorsepakbola. Timnas Indonesia hanya bisa menang tipis 2-1 atas Kamboja dalam babak laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022 yang telah dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, pada hari Jumat, 23 Desember 2022 sore WIB.

 

Dua gol milik kubu Tanah Air tersebut telah dilesakkan oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke 7 serta Witan Sulaeman pada menit ke 35. Sementara itu, satu angka hiburan yang telah ditorehkan oleh Angkor Warriors tersebut telah bersumber dari sumbangsih Sareth Kriya pada menit ke 15.

 

Pasca pertandingan tersebut, Egy sendiri juga membeberkan suasana di ruang ganti Timnas Indonesia. Pemain FC Vion Zlate Moravce tersebut juga telah mengklaim rekan – rekan setimnya itu mereka gembira setelah memetik sebuah kemenangan perdana di ajang Piala AFF edisi kali ini.

 

Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Skuad Garuda juga sudah sedikit kesal karena banyak menyia – nyiakan peluang untuk bisa mencetak gol.

 

Dan keadaan di ruang ganti anak Timnas Indonesia juga tentunya senang juga sebab dapat memenangkan pertandingan. Dan mereka semua tahu bahwa pertandingan pertama juga sangat sulit, beber dirinya menjelaskan dalam sebuah konferensi pers selepas jadwal laga pada hari Jumat, 23 Desember 2022.

 

Namun, mereka juga merasa kesal sebab telah banyak peluang yang terbuang sia Рsia. Dan hal itu juga menjadi koreksi serta evaluasi untuk para pemain supaya kedepannya dapat lebih baik bermain dari sebelumnya. 

 

Kekecewaan Shin Tae-yong

skorsepakbola

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia, yakni Shin Tae-yong juga sempat mengutarakan kekecewaan terhadap performa dari Skuad Garuda dalam duel pembuka Piala AFF 2022.

 

Juru taktik asal Korea Selatan tersebut marah setelah dirinya menyaksikan Fachruddin Aryanto beserta kawan – kawan belum dapat tampil dengan maksimal setelah melawan Kamboja. Padahal, pasukan Merah Putih tersebut sejatinya memiliki banyak kesempatan untuk bisa memperlebar sebuah keunggulan.

baca juga:

Shin Tae-yong juga memaparkan bahwa dirinya berterima kasih kepada Timnas Indonesia sebab dapat memperoleh kemenangan. Namun, hal yang membuat dirinya mereka marah yaitu mereka bahwa para pemain tak dapat menunjukkan permainan yang seru kepada para fans.

 

Seharusnya, skuad Garuda tersebut dapat lebih banyak mencetak gol, namun pada nyatanya tidak. Jadi hal itu juga telah membuat dirinya marah. Sambung dirinya dalam konferensi pers saat pertandingan di SUGBK, Jakarta, 23 Desember 2022 malam WIB.

 

Minimnya Atmosfer Dalam Laga Pertandingan

Shin Tae-yong sendiri menilai bahwa minimnya atmosfer dalam laga pertandingan di beberapa bulan terakhir telah menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kualitas permainan bagi Tim Garuda dalam laga kontra Kamboja.

 

Seperti yang telah diketahui bahwa sebagian besar penggawa Timnas Indonesia juga memang telah lama absen mengecap sebuah persaingan dalam liga domestik. Dan pemain yang berkiprah di luar negeri juga telah mengalami nasib yang serupa lantaran jarang dimainkan oleh klubnya.

 

Shin Tae-yong juga berucap setelah duel laga melawan Kamboja. Dirinya berkata bahwa para pemain ada yang sampai dua hingga empat bulan tidak ikut bertanding, bahkan Arhan dirinya juga tak pernah bertanding sesudah selesai laga FIFA Matchday Curacao.

 

Dia juga menjelaskan bahwa Asnawi sesudah pertandingan melawan Curacao tersebut sempat mengalami cedera. Saat kembali ke Ansan juga dirinya hanya bermain dalam satu pertandingan. Sesudah itu tak bisa bermain lagi. Dan secara keseluruhan memang para pemain Timnas Indonesia memiliki performa yang kurang baik sekarang ini. Bahkan fisik mereka juga masih belum dapat maksimal. Dan pada akhirnya Shin Tae-yong juga telah membuat keputusan untuk mengganti pemain – pemain. Untuk kedepannya pasti akan menjadi lebih baik lagi.

 

Harapan Jokowi

skorsepakbola

Presiden Jokowi bersama dengan ibu negara Iriana ikut gabung menyaksikan langsung laga tim nasional sepak bola Indonesia dalam ajang turnamen kejuaraan AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada hari Jumat, 23 Desember 2022. Jokowi sendiri bersyukur karena Timnas Indonesia menang dengan hasil skor 2-1 atas Kamboja dalam ajang pertandingan pembuka.

 

Dalam laga pertandingan tersebut juga Timnas Indonesia telah unggul cepat melalui gol yang telah dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke 7 sesudah menerima umpan silang dari pratama Arhan. Dan Kamboja juga lantas membalasnya pada menit ke 15 melalui gol dari Saret Kriya sesudah berhasil memanfaatkan situasi sepak pojok.

 

Jokowi sangat berharap Timnas Indonesia mampu dan bisa menjadi kampiun dalam ajang pertandingan Piala AFF kali ini. Menurut dirinya, menjadi juara AFF merupakan harapan seluruh bangsa Indonesia. Dan terkait pengamanan di GBK sendiri, Jokowi telah menilai  bahwa pihak kepolisian sudah menerapkan protokol serta standar pengalaman yang baru. Dirinya juga telah meyakini akan protokol baru tersebut merupakan pengalaman sepak bola di stadion dalam ajang Piala AFF kali ini yang akan lebih baik lagi.

 

Jokowi juga memaparkan bahwa pengamanan yang tadi dirinya lihat sudah sangat baik. Sebab, saat pertama dirinya datang telah melihat kepolisian dengan protokol baru. Dan terdapat pembatasan penonton 30 ribu, kemudian akan dinaikkan lagi pada suatu titik dengan manajemen yang baru juga yaitu protokol serta sistem yang baru.

Leave a Reply