Sanksi Berat Disiapkan FIFA Untuk Timnas Indonesia Jika Piala Dunia U-20 Batal

skorsepakbola

Skorsepakbola – Ada 10 ancaman berat yang dipersiapkan FIFA ke Indonesia bila Piala Dunia U-20 2023 gagal. Satu diantaranya terkait dengan nasib Tim nasional Indonesia di ajang internasional.

Seperti dijumpai, FIFA telah membuat keputusan untuk menggagalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali, yang semestinya diadakan 31 Maret 2023 kedepan. Tidak cuma membuat malu Indonesia, penangguhan sesion drawing itu, membuat Indonesia terancam melangsungkan Piala Dunia U-20 2023.

 

Bila Piala Dunia U-20 2023 gagal diadakan di Indonesia, kemungkinan besar FIFA akan menjatuhkan ancaman ke Indonesia. Lalu, apa ancaman berat yang dapat diperoleh Indonesia?

 

Berikut 10 ancaman berat yang dipersiapkan FIFA ke Indonesia bila Piala Dunia U-20 2023 gagal dikutip dari situs sah PSSI:

 

  1. PSSI Dipetieskan FIFA

Ancaman berat pertama, Liga Sepakbola Indonesia (PSSI) dapat dipeti-eskan oleh FIFA. Bila itu terjadi, maka punya pengaruh dengan kegiatan sepakbola Indonesia. Karena, FIFA sebagai organisasi paling tinggi di dunia sepakbola.

 

  1. Indonesia Dapat Hujatan dari Negara Dunia

Tidak cuma dipetieskan, Indonesia memikul malu di mata dunia. Karena, Indonesia dipandang tidak dapat membuat perlindungan negara yang hendak berlaga dalam negeri. Disamping itu, Indonesia dapat mendapatkan hujatan dari negara internasional.

 

  1. Dilarang Turut Aktivitas FIFA

Bila PSSI dipetieskan, ringkas Indonesia tidak dapat turut dalam aktivitas FIFA. Aktivitas FIFA dalam masalah ini tersangkut masalah kegiatan Tim nasional Indonesia di ajang internasional, seperti Piala Asia sampai Piala Dunia.

 

  1. Tidak Punyai Peluang untuk Jadi Tuan Rumah Kompetisi Olahraga

Ancaman selanjutnya, Indonesia tidak punyai peluang untuk menjadi tuan-rumah sebuah kompetisi olahraga. Bila konteksnya olahraga, itu bermakna Indonesia tidak punyai peluang untuk menjadi tuan-rumah baik olahraga sepakbola, atau yang lain.

 

  1. Diconteng dari Calon Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Sekarang ini, Indonesia tengah ajukan penawaran untuk menjadi tuan-rumah Piala Dunia 2034. Tetapi belum sampai menjadi tuan-rumah, Indonesia dapat diconteng sebagai calon. Itu terang membuat Indonesia betul-betul akan dilihat negatif oleh negara internasional.

 

  1. Terancam Tidak Dapat Jadi Tuan Rumah Olimpiade

Tidak cuma tuan-rumah Piala Dunia 2034. Indonesia terancam juga tidak dapat menjadi tuan-rumah acara pesta olahraga dunia, Olimpiade. Karena, FIFA dapat mereferensikan ke tubuh olahraga internasional supaya tidak terima Indonesia sebagai tuan-rumah Olimpiade di periode kedepan.

 

  1. Dikritik karena Menyangkutkan Sepakbola dengan Poilitik

Seterusnya, Indonesia dapat mendapatkan hujatan dari negara dunia, karena telah menyangkutkan sepakbola dengan politik. Seperti dijumpai, sepakbola dunia dalam masalah ini FIFA memang seharusnya lepas dari semua masalah politik yang terkait dengan sesuatu negara.

 

  1. Piranti Laga Kehilangan Tugas

Bila point di atas telah dijatuhkan ke Indonesia, ringkas akan berpengaruh ke piranti laga sepakbola dalam negeri. Piranti laga dalam masalah ini mencakup pemain, pelatih, sampai wasit, yang terancam kehilangan kerjanya, walau telah mempunyai lisensi internasional.

 

  1. FIFA Tidak Mengaku Liga Indonesia

Imbas yang lain ialah FIFA tidak akan mengaku kedatangan Liga Indonesia. Di Indonesia sendiri, terdiri dari 3 kelas liga yang berguling sejauh ini. Dimulai dari Liga 1, Liga 2, sampai Liga 3. Bila tidak dianggap, karena itu kelangsungan liga di Indonesia dapat disebut percuma.

 

  1. Tim nasional Indonesia Tidak Bisa Turut Kompetisi Internasional

Dari 9 point yang disebut, point pertama menjadi hal yang menyedihkan. Karena, Tim nasional Indonesia (semua tingkat) tidak dibolehkan ikuti kompetisi internasional. Walau sebenarnya sekarang ini Tim nasional Indonesia sedang dalam perubahan yang hebat.

 

Terkini, Tim nasional Indonesia senior dapat menembus Piala Asia 2023, sesudah lama mangkir di kancang itu. Bila dijatuhkan ancaman, ringkas Tim nasional Indonesia harus gigit jemari tidak dapat bertanding di gelaran itu.

 

Para Pengamat Beri Saran Agar PSSI Ambil Langkah Taktis

 

Pengamat sepakbola nasional, Mohamad Kusnaeni menyebutkan penangguhan drawing Piala Dunia U-20 2023 dapat menjadi awalnya musibah sepakbola Indonesia. Karenanya, pria yang dekat dipanggil Bung Kusnaeni menyebutkan PSSI harus ambil langkah taktis, supaya Indonesia tidak dicentang sebagai tuan-rumah Piala Dunia U-20 2023. Skorsepakbola

 

“Kita mengharap mudah-mudahan FIFA tidak melakukan penangguhan penunjukan Indonesia sebagai tuan-rumah,” sebut Bung Kusnaeni.

 

“Karena itu, selekasnya koalisi dan keluarkan PR yang terdapat. Karena saya menyaksikan tidak cuma permasalahan Israel yang menjadi perhatian FIFA, tetapi juga terkait dengan infrastruktur. Mereka saya percaya mengharap Indonesia dapat sukses jadi tuan-rumah,” tambahnya.

 

Bila penangguhan drawing Piala Dunia U-20 2023 ini tidak ada jalan keluarnya, lanjut Bung Kusnaeni, karena itu sepakbola Indonesia terancam disanksi berat oleh FIFA. Dia tidak ingin sepakbola Tanah Air kembali memperoleh ancaman dari FIFA sama dalam 2015-2016 lalu.

“Janganlah sampai hal tersebut terjadi. Mimpi jelek buat sepakbola kita. Tidak boleh bermain dengan persetujuan yang telah dibikin FIFA,” jelasnya.

 

“Kita menjadi tuan-rumah prosesnya ajukan diri, bukan ujuk-ujuk FIFA yang meminta. Patuhi persetujuan yang terdapat. Selekasnya mencari air untuk mematikan kebakaran yang muncul,” cetus Bung Kusnaeni.

 

Sudah diketahui awalnya, berita jelek tiba menjelang Piala Dunia U-20 2023. Drawing set group Piala Dunia U-20 2023, yang sebelumnya direncanakan pada 31 Maret di Bali sah diurungkan.

 

Hal tersebut dikatakan oleh Exco PSSI, Arya Sinulingga, dalam pertemuan jurnalis di GBK Tempat, Minggu, 26 Maret 2023. Arya menyebutkan salah satunya factor penangguhan drawing Piala Dunia U-20 2023 itu dikarenakan oleh ada penampikan kehadiran Tim nasional Israel U-20 ke Pulau Dewata oleh Gubernur Bali, Wayan Koster.

 

Di lain sisi, Bung Kusnaeni mengingatkan, penangguhan drawing Piala Dunia U-20 itu mempunyai potensi munculkan ancaman berat untuk sepakbola Indonesia. Dia juga tidak ingin hal tersebut terjadi.

 

“Penangguhan drawing sebagai warning awalnya. Bila kita sampai tidak berhasil melakukan moment FIFA U-20 itu Indonesia dipandang mencemari keyakinan yang diberi FIFA,” sambungnya.

 

Sebagai info, pada masa 2015-2016 sepakbola Indonesia sebelumnya pernah rasakan pahitnya ancaman dari FIFA. Waktu itu, FIFA membekukan PSSI karena interferensi pemerintahan Indonesia

 

Sesudah dilarang, rangking Tim nasional Indonesia merosot mencolok. Tetapi ini kali, ancaman mempunyai potensi semakin lebih berat dan sulit karena terkait dengan Piala Dunia U-20 2023.

Jangan lupa untuk mengunjungi link berikut juga: https://184.174.34.3

Exit mobile version