Ini Dia Rencana Erick Thohir Untuk Ganti Direktur Teknik PSSI Dari Luar Negeri

skorsepakbola

Skorsepakbola – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, merencanakan mengambil Direktur Tehnik PSSI di luar negeri. Apa ini tanda Direktur Tehnik PSSI sekarang ini, Indra Sjafri, konsentrasi tangani Tim nasional Indonesia U-23?

 

Indra Sjafri barusan membuat sejarah untuk sepakbola Indonesia. Dia bawa Tim nasional Indonesia U-22 raih medali emas sepakbola SEA Game 2023, gelaran yang akhir kali dimenangi tim Garuda 32 tahun kemarin.

 

Karenanya, tersebar berita Indra Sjafri akan dipatenkan membesut Tim nasional Indonesia U-23. Selanjutnya, posisi Direktur Tehnik PSSI yang sekarang dijalankan Indra Sjafri akan diberikan ke orang asing.

 

Kemauan Erick Thohir memakai jasa Direktur Tehnik di luar negeri tidak lepas dari misi dan tugasnya, yakni lebih memajukan sepakbola Indonesia. Karena, pria yang memegang sebagai Menteri BUMN itu percaya ada banyak pelatih muda Tanah Air yang berpotensi.

 

“Iya lah (di luar negeri). Satu diantaranya yang kan saya telah berbicara dengan Jepang kelak kita kerja sama, berkenaan standard liga dan wasit,” kata Erick Thohir ke mass media pada hari, Jumat (19/5/2023).

 

“Dengan Jerman akan tanda-tangan untuk standarisasi liga dan satu diantaranya cari Dirtek,” lanjut bekas Ketua Umum NOC Indonesia ini.

 

“Coach Indra suka saya saksikan banyak pelatih-pelatih muda, coach STY . Maka juga harus punyai pelatih-pelatih muda dari Indonesia. Regenerasilah,” paparnya.

 

Di peluang berlainan, Indra Sjafri memberi respon wawasan itu. Pelatih dari Sumatera Barat itu menjelaskan itu semua terserah dari keputusan yang hendak ditetapkan Erick Thohir sebagai Ketua umum PSSI.

 

“Terserah pak Erick Thohir,” tutur Indra Sjafri.

 

Bila hal tersebut betul ada, Indra Sjafri tidak butuh kuatir. Masalahnya ia kemungkinan akan membesut Tim nasional Indonesia U-24 di Asian Game 2022 Hangzhou yang hendak berjalan pada 23 September sampai 8 Oktober 2023.

 

Dengan demikian, pelatih Tim nasional Indonesia senior Shin Tae-yong akan diprioritaskan membesut Tim Garuda di gelaran Piala Asia 2023 pada Januari 2024 kedepan, dan jadwal FIFA Matchday yang terdapat.

 

Media Thailand Sebut Bekas Pelatih Tim nasional Jepang Akan Menggantikan Posisi Indra Sjafri di PSSI

MEDIA Thailand, Thairath, verifikasi bekas pelatih Tim nasional Jepang, Akira Nishino, akan menjadi Direktur Tehnik PSSI untuk gantikan Indra Sjafri. Thairath membuat laporan ini sesudah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berjumpa dengan Presiden Federasi Sepakbola Jepang (JFA), Tashima Kohzo, di Japan Pelatihan Center, Senin (22/5/2023) kemarin.

 

Dalam tatap muka itu, PSSI dan JFA setuju tanda-tangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan kerja-sama. Minimal ada empat kerja-sama yang diberi tanda tangan, salah satunya benchmarking Liga Indonesia, pembangunan lapangan latihan Tim nasional, pembangunan Tim nasional Putri, dan perwasitan.

 

Disamping itu, Thairath memberikan laporan bekas pelatih Tim nasional Jepang, Akira Nishino bisa menjadi Direktur Tehnik PSSI untuk gantikan Indra Sjafri. Berita ini malah disongsong baik oleh pecinta sepakbola Thailand karena sebelumnya pernah nama yang diartikan sebelumnya pernah menjadi pelatih Tim nasional Thailand pada 2019-2021.

 

“Ada laporan jika Akira Nishino, bekas pelatih timnas Thailand, akan duduk di atas bangku Direktur Tehnik baru Persatuan Sepakbola Semua Indonesia (PSSI),” tulis laporan Thairath, d ikutip Rabu (24/5/2023).

 

“Yang mana saat banyak fans sepakbola Thailand menyaksikan informasi itu, mereka banyak memberi komentar yang beberapa komentar sudah banyak diulas satu diantaranya mengutarakan, ‘Bagus, agar pelatih giat latihan semangat sepakbola’,” tambah pengakuan media Thailand tersebut.

 

Dapat disebut, Akira Nishino cukup bagus untuk menjadi Direktur Tehnik PSSI yang baru. Karena, pria dari Jepang itu sekarang dengan status tanpa team. Ditambah, Indra Sjafri sendiri akan diprioritaskan untuk latih Tim nasional Indonesia U-23 di sejumlah gelaran pada 2023 ini.

 

Pertanyaannya, siap sebetulnya figur Akira Nishino ini? Berdasar data Transfermarkt, Akira Nishino sebagai bekas pelatih Tim nasional Jepang di Piala Dunia 2018. Disamping itu, dia sempat juga jadi pelatih Tim nasional Jepang U-20 dan U-23.

 

Selainnya di tingkat timnas, Akira Nishino mempunyai pengalaman yang lumayan baik di tingkat club. Dengan sebelumnya pernah tangani club besar seperti Kashiwa Reysol, Gamba Osaka, Vissel Kobe, dan Nagoya Grampus. Skor sepak bola

 

Kemudian, Akira Nishino jadi pelatih Tim nasional Thailand senior dan barisan usia pada 2019. Tetapi, bekas pelatih Tim nasional Jepang itu tidak sanggup menyembuhkan titel juara untuk Tim nasional Thailand sampai kontraknya diputus pada 2021.

 

Akira Nishino memiliki pengalaman yang cukup baik, termasuk sebagai pelatih Tim Nasional Jepang pada Piala Dunia 2018, serta pernah melatih klub-klub ternama di Jepang seperti Kashiwa Reysol, Gamba Osaka, Vissel Kobe, dan Nagoya Grampus. Namun, kontraknya sebagai pelatih Tim Nasional Thailand berakhir pada tahun 2021 tanpa berhasil mempersembahkan gelar juara.

 

Perubahan ini akan memberikan tugas baru bagi Indra Sjafri, yang kemungkinan akan melatih Tim Nasional Indonesia U-24 dalam Asian Games 2022 di Hangzhou, yang akan berlangsung pada September hingga Oktober 2023. Pelatih Tim Nasional Indonesia senior, Shin Tae-yong, akan diprioritaskan untuk memimpin Tim Garuda dalam Piala Asia 2023 pada Januari 2024 dan jadwal pertandingan FIFA yang akan datang.

Kunjungi juga link berikut: https://184.174.34.3/