Penyebab Cyrus Margono Tak Terhitung Sebagai Pemain Naturalisasi

cyrus margono

Skorsepakbola – Penyebab Cyrus Margono tidak dihitung sebagai pemain naturalisasi akan diulas dalam artikel berikut ini. Kiper 21 tahun yang mentas di kelas ke-2 sepakbola Yunani, Panathinaikos B itu sekarang ini mempunyai kewarganegaraan double, yaitu Indonesia dan Amerika Serikat.

Harus dipahami, menurut Undang-undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2006 mengenai Kewarganegaraan Republik Indonesia pasal 6, pemain berwarganegara double dapat memperoleh status Masyarakat Negara Indonesia (WNI) tanpa jalani proses naturalisasi. Lalu, mengapa begitu?

Karena, di pasal itu ditata jika anak yang berwarganegara double sesudah berumur 18 tahun atau sudah kawin, dapat pilih salah satunya kewarganegaraan. Paling lamban 3 tahun sesudah anak itu berumur 18 tahun alias 21 tahun atau sudah menikah.

Sehubungan Cyrus sudah berumur 21 tahun, dia telah melalui batasan waktu yang ditetapkan. Tetapi, menurut bekas utusan khusus PSSI untuk naturalisasi pemain turunan Indonesia, Hamdan Hamedan, menyebutkan Cyrus Margono tetap bukan pemain naturalisasi.

“Cyrus itu bukan pemain naturalisasi, karena ia itu anak berwarganegara double. Memang secara ketentuan yang berjalan, saat ia telah berumur 21 tahun karena itu harus pilih kewarganegaraan,” ungkapkan Hamdan Hamedan, mencuplik dari saluran YouTube Chandra Margatama, Rabu (24/5/2023).

Selanjutnya, Hamdan Hamedan memperjelas penjaga gawang turunan Indonesia-Iran ini bisa mengenakan seragam Tim nasional Indonesia tanpa jalani proses naturalisasi seperti Jordi Sangat dan teman-teman. Lalu, apa pemicunya?

Hamdan Hamedan menerangkan Cyrus Margono bisa memperoleh kewarganegaraan Indonesia karena sesuai Ketentuan Pemerintahan Nomor 21 Tahun 2022. Dimana, ketentuan itu atur mengenai peralihan atas ketentuan pemerintahan nomor dua tahun 2007 mengenai tata langkah mendapat kehilangan, penangguhan, dan mendapat lagi kewarganegaraan Republik Indonesia.

“Nach apakah yang terjadi dengan Cyrus dan beberapa ribu beberapa anak turunan yang lain yang terdapat, mereka itu lupa pilih atau mungkin tidak pilih kewarganegaraan,” tegas Hamdan Hamedan.

“Hingga, nampaklah inovasi baru dari Kemenkumham yang disebutkan dalam PP nomor 21 tahun 2022, yang menampung beberapa anak yang masih belum pilih ini untuk meminta pewarganegaraan Indonesia,” terangnya. 

Selanjutnya, Hamdan Hamedan menjelaskan Cyrus Margono sekarang ini melakukan permintaan pewarganegaraan Indonesia supaya bisa kembali memperoleh hak kewarganegaraan. Karena argumen di atas, penjaga gawang 21 tahun itu tidak dihitung sebagai pemain naturalisasi seperti Jordi Sangat dan mitra. Skor sepak bola

“Jadi tersebut yang dilaksanakan (Cyrus), menjadi berlainan dengan yang sudah dilakukan Jordi Sangat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Mereka memakai No.12 Tahun 2006. Dan Cyrus memakai PP nomor 21 tahun 2022,” terang Hamdan Hamedan.

“Tetapi saat ini, Cyrus harus pilih kewarganegaraan Indonesia dan melepaskan kewarganegaraan gandannya, hingga ia memperoleh paspor Indonesia,” tegasnya.

Hamdan Hamedan menjelaskan Cyrus Margono sekarang ini telah mempunyai KTP Indonesia. Tetapi, pemain 21 tahun itu belum mempunyai paspor Indonesia. Apabila sudah mendapatkan paspor, karena itu Cyrus Margono langsung bisa bela Tim nasional Indonesia tanpa proses naturalisasi.

Untuk yang belum mengetahui, Cyrus Margono sebagai penjaga gawang berdarah Indonesia-Iran. Sekarang ini a dengan status penjaga gawang club yang mentas di kelas ke-2 sepakbola Yunani, Panathinaikos B. Cyrus dijumpai mempunyai darah Indonesia dan Iran. Walau demikian, Cyrus Margono besar di Amerika Serikat.

Akankah Cyrus Margono Turun ke Lapangan Dalam Laga Melawan Timnas Argentina ?

Asisten Shin Tae-yong berjumpa Cyrus Margono mendekati pertandingan Tim nasional Indonesia versus Argentina. Ini disingkap oleh stafsus Kemenpora yang mengurus olahragawan diaspora, Hamdan Hamedan.

Cyrus Margono sudah jadi bahan pembicaraan di kelompok pecinta sepakbola Indonesia terakhir. Kiper berumur 21 tahun itu pada sekarang ini sedang ada di Indonesia, bersamaan dengan kekuatannya bela Tim nasional Indonesia. Cyrus Margono, pemain Panathinaikos, naturalisasi, bermain Timnas Indonesia

Penjaga gawang team raksasa Yunani, Panathinaikos, itu mempunyai kewarganegaraan double, yakni Indonesia dan Amerika Serikat. Berdasar pengakuan Hamdan awalnya, Cyrus bukan termasuk pemain naturalisasi karena ia telah menggenggam kewarganegaraan Indonesia.

Maka dari itu, kiper berumur 21 tahun itu dapat segera bermain untuk Tim nasional Indonesia. Kehadirannya di Indonesia terakhir berbuntut ke isu kemungkinan dianya perkuat Tim nasional Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023 kedepan.

Sebagai info, PSSI sudah mengkonfirmasi jika tim bimbingan Shin Tae-yong itu akan hadapi Palestina dan Argentina pada Juni kedepan. Lalu, mungkinkah Cyrus Margono turut dalam tim? Hal tersebut mungkin.

Ini selanjutnya diperkokoh oleh tatap muka pendamping Shin Tae-yong, Jongjin Kim, dengan Hamdan Hamedan dan Cyrus Margono. Ini disingkap oleh Hamdan di account Instagram-nya, @hamdan.hamedan.

“Suka berjumpa kalian kembali, Jongjin Kim dan Cyrus Margono,” kata Hamdan dalam uploadnya di Instagram Story dengan mencolek account dari Jongjin Kim (@superjin_jin) dan Cyrus Margono (@cmargono).

Laga Tim nasional Argentina jadi perhatian khusus khususnya karena tim bimbingan Lionel Scaloni itu bertabur bintang sepakbola dunia. Beberapa pemain teratas sekaliber Lionel Messi, Paulo Dybala, dan Angel Di Maria mempunyai potensi tampil di Stadion Khusus Gelanggang olahraga Bung Karno (SUGBK) di tanggal 19 Juni 2023 kedepan.

Kunjungi juga link berikut: https://184.174.34.3/

Exit mobile version